TOKOH-TOKOH IT DUNIA

1.Linus Benedict Trovalds – Pengembang Kernel LinuxLinus

Linus Benedict Torvalds (lahir di Helsinki, Finlandia, 28 Desember 1969; umur 41 tahun) adalah rekayasawan perangkat lunak Finlandia yang dikenal sebagai perintis pengembangan Kernel Linux. Ia sekarang bertindak sebagai koordinator proyek tersebut.

Linux terinsipirasi oleh Minix (suatu sistem operasi yang dikembangkan oleh Andrew S. Tanenbaum) untuk mengembangkan suatu sistem operasi mirip-Unix (Unix-like) yang dapat dijalankan pada suatu PC. Linux sekarang dapat dijalankan pada berbagai arsitektur lain.

Ketika Linus Torvalds, seorang mahasiswa Finlandia pendiam membagi-bagikan kode sumber (source code) kernel Linux seukuran disket via internet di tahun 1991, ia sama sekali tidak menduga bahwa apa yang dimulainya melahirkan sebuah bisnis bernilai milyaran dolar di kemudian hari.

Ia bahkan tidak menduga Linux kemudian menjadi sistem operasi paling menjanjikan, yang bisa dibenamkan ke dalam server, komputer desktop, tablet PC, PDA, handphone, GPS, robot, mobil hingga pesawat ulang alik buatan NASA.

Tidak hanya itu, banyak maniak Linux (Linuxer) yang membeli perangkat buatan Apple dan mengganti sistem operasinya dengan Linux. Bagi saya itu sedikit gila, mengingat menghapus sistem operasi Mac & iPod berarti membuang duit dan menggantinya sistem operasinya cukup sulit dibanding desktop berbasis Windows. Saat ini 20% pangsa pasar desktop di seluruh dunia menggunakan Linux jauh di atas Machintosh dan terus mengejar desktop Windows. Dan 12,7% server di seluruh dunia menggunakan Linux, jauh di atas UNIX, BSD, Solaris, dan terus meningkat menggerus pangsa pasar server Microsoft.

Saat ini Linus meninggalkan posisi menjanjikan di perusahaan semi konduktor Transmeta dan tinggal bersama istri dan 3 anaknya di sebuah bukit di desa di Portland, Oregon, USA, berdekatan dengan markas Open Source Development Labs. Organisasi nirlaba ini diawaki oleh 20-an programmer yang punya gairah hampir sama dengan Linus. Mereka terus mengembangkan kernel Linux yang kini berukuran 290-an MegaBytes atau melebihi 9 milyar baris kode. Linux beserta timnya menerima masukan baris-baris kode dari seluruh penjuru dunia, menyortir, menetapkan skala prioritas dan memasukkan gagasan paling brilian ke dalam kernel. LSD sendiri disokong oleh puluhan raksasa IT seperti IBM, HP, Dell dan Sun, baik dari sisi materi maupun sumber daya manusia.

Linus bukan orang pertama yang membagi-bagikan source code karena pola ini adalah hal yang biasa di masa awal tumbuhnya industri komputer. Tapi Linus sukses menetapkan standar yang memaksa banyak pengembang ikut membebaskan kode sumber program mereka, mulai dari BSD, Solaris, Suse, Java hingga Adobe.

Meski hanya bergaji ratusan ribu dolar pertahun, Linus telah menciptakan banyak multimilyuner dalam industri komputer mulai dari RedHat, Suse, Debian, Mandriva, Ubuntu dan banyak developer software open source lainnya. Hampir tak ada yang berubah dari Linus. Ketika ia datang terlambat di suatu konferensi IT, ia bahkan tak segan-segan duduk di lantai dengan celana pendek dan sepatu-sandal kesukaannya. Ia bahkan tidak marah tatkala memberikan pidato di mimbar dan diinterupsi oleh beberapa programmer BSD yang maju ke depan panggung yang mengklaim bahwa kernel BSD jauh lebih hebat ketimbang kernel Linux. Ia bahkan tidak segan-segan memakai T-Shirt BSD yang disodorkan pemrotes dan melanjutkan pidatonya.

Menurut Linus, apa yang dilakukannya hanyalah untuk berbagi. Berbeda dengan Richard M Stallman yang fanatik dengan konsep free software, Linus hanya menekankan sisi keterbukaan (open), tak peduli apakah kemudian dalam suatu sistem operasi bercampur program free dan proprietery.

Setiap kata-kata Linus hampir menjadi sabda di kalangan Linuxer yang menciptakan standar nilai tertentu. Setiap publikasi, pidato, email dab press releasenya selalu ditunggu-tunggu jutaan orang. Di sela kesibukannya, Linus menyempatkan diri bersepeda menuruni bukit dan minum di bar desa. Bila ada nabi dalam dunia komputer, bisa dipastikan itu Linus (dan Steve Wozniak). Dan setannya tentu Bill Gates.

2.Kevin Mitnick

Kevin Mitnick

Tokoh IT yang satu ini boleh jadi idola para hacker sehingga dijuluki “The Legend Hacker “, “The Most Wanted Hacker” atau “The Super Hacker” atau “The World Most Famous Hacker”,  Dialah Kevin Mitnick lahir 6 Agustus 1963; umur 46 tahun) adalah seorang konsultan dan pembuat keamanan komputer. Dia adalah salah satu hacker komputer yang paling kontroversial di akhir abad ke-20, yang merupakan kriminal komputer yang paling dicari di Amerika.

Kevin Mitnick Kecanduan Komputer

Karena keluarganya tidak cukup berduit untuk memiliki komputer sendiri, Mitnick mempelajari komputer dengan nongkrong di toko radioshack atau di perpustakaan umum.

Pada periode 1990-an, Mitnick mudah sekali keluar masuk sistem komputer. Namun pada akhir 1980-an ia sebenarnya ingin meninggalkan hobinya itu dan mulai mencari pekerjaan yang sah. Sayangnya, sebelum mendapatkannya, pada 1987 ia tertangkap karena menyusup perusahaan Santa Cruz Organization, sebuah perusahaan piranti lunak yang terutama bergerak di bidang sistem operasi Unix.

Ketika itu pengacara Mitncik berhasil menurunkan tuduhan kejahatan menjadi tindakan yang kurang baik, Mitnick pun hanya diganjar 3 tahun masa percobaan.

Tidak sampai setahun Mitnick kembali tersandung kasus hukum. Gara-garanya seorang teman yang komputernya ia gunakan untuk membobol komputer lain melaporkan Mitnick ke pihak berwajib. Computer yang dibobol Mitnick adalah milik Digital Equipment Corporation (DEC).

Setiap kali membobol komputer yang dilakukan Mitnick adalah mengambil code penyusun dari piranti lunak. Kode itu kemudian dia pelajari dengan sungguh-sungguh, terkadang menemukan beberapa kelemahan di dalamnya. Dalam sebuah kesempatan Mitnick hanya mengaku mengambil kode penyusun dari piranti lunak yang ia sukai atau yang menarik baginya.

Dalam kasus DEC Mitnick mendapatkan masa tahanan yang lebih berat. Ketika itu pengacaranya menyebut Mitnick memiliki “kecanduan pada komputer yang tidak bisa dihentikan”. Ia diganjar 1 tahun penjara.

Di penjara Mitnick mendapatkan pengalaman yang buruk. Pada saat itu, nama Mitnick atau yang lebih dikenal dengan nama samaran ‘the Condor’ sebagai seorang penjahat komputer demikian melegenda. Sehingga sipir di Lompoc, penjara tempat Mitnick ditahan, mengira Mitnick bisa menyusup ke dalam komputer hanya dengan berbekal suara dan telepon.

Walhasil, Mitnick bukan hanya tidak boleh menggunakan telepon, ia juga menghabiskan waktu berbulan bulan dalam ruang isolasi. Tak heran jika kemudian ia dikabarkan mengalami sedikit gangguan jiwa saat menjalani hukuman di Lompoc.

Tahun 1989 Mitnick dilepaskan dari penjara. Ia berusaha mencari pekerjaan yang resmi, namun statusnya sebagai mantan narapidana membuat Mitnick sulit mempertahankan pekerjaan.

Akhirnya ia bekerja sebagai pendulang informasi untuk kantor penyelidik kantor swasta. Tentunya ini menyeret Mitnick kembali kepada dalam dunia maya. Pada awal 1990-an, Mitnickpun dicari lagi oleh FBI. Kali ini takut akan masuk ruang isolasi selama bertahun-tahun, Mitnick memutuskan untuk kabur.

Hacking The Human Side

Keahlian Mitnick sebagai hacker tidak terbatas pada kemampuan teknis belaka. Ia merupakan seorang yang memahami betul bahwa keamanan sistem komputer terdiri dari aspek kebijakan organisasi, sumber daya manusia, proses yang terlibat serta teknologi yang digunakan.

Seandainya ia seorang pahlawan super, kemampuan utama Mitnick adalah orang yang mempraktekan ilmu social enggineering alias rekayasa sosial. Ini adalah sebuah teknik mendapatkan informasi penting, semisal password, dengan memanfaatkan kelemahan manusiawi.

Kemampuan Mitnick paling baik diilustrasikan dalam cerita berikut, cerita yang dikisahkan Mitnick sendiri pada sebuah forum online Slasdot.org

“Pada satu kesempatan, saya ditantang oleh seorang teman untuk mendapatkan nomor (telepon) Sprint Foncard-nya. Ia mengatakan akan membelikan makan malam jika saya bisa mendapatkan nomor itu. Saya tidak akan menolak makan enak, jadi saya berusaha dengan menghubungi Customer Service dan perpura-pura sebagai seorang dari bagian teknologi informasi. Saya tanyakan pada petugas yang menjawab apakah ia mengalami kesulitan pada ssitem yang digunakan. Ia bilang tidak, saya tanyakan sistem yang digunakan untuk mengakses data pelanggan, saya berpura-pura ingin memverifikasi. Ia menyebutkan nama sistemnya.”

“Setelah itu saya kembali menelepon Costumer Service dan dihubungkan dengan petugas yang berbeda. Saya bilang bahwa komputer saya rusak dan saya ingin melihat data seorang pelanggan.

Ia mengatakan data itu sudah berjibun pertanyaan. Siapa nama anda? Anda kerja buat siapa? Alamat anda dimana? Yah, seperti itulah. Karena saya kurang riset, saya mengarang nama dan tempat saja. Gagal. Ia bilang akan melaporkan telepon-telepon ini pada keamanan.”

“Karena saya mencatat namanya, saya membawa seorang teman dan memberitahukannya tentang situasi yang terjadi. Saya meminta teman itu untuk menyamar sebagai ‘penyelidik keamanan’ untuk mencatat laporan dari petugas Customer Service dan berbicara dengan petugas tadi. Sebagai ‘penyelidik’ ia mengatakan menerima laporan adanya orang berusaha mendapatkan informasi pribadinya pelanggan. Setelah tanya jawab soal telepon tadi, ‘penyelidik menanyakan apa informasi yang diminta penelepon tadi. Petugas itu bilang nomor Foncard. ‘penyelidik’ bertanya, memang berapa nomornya? Dan petugas itu memberikan nomornya. Oops. Kasus selesai”

Kevin Mitnick menjadi Buron

Sebagai buronan Mitnick sering berpindah-pindah tempat tinggal dan selalu menanggalkan berbagai kebiasaannya. Namun, satu hal yang tidak bisa ditinggalkan adalah hobinya mengoprek komputer dan jaringan Internetnya.

kevin mitnick buron

Bahkan beberapa keahliannya konon digunakan untuk mendapatkan identitas baru. Selama buron reputasinya semakin menjadi. Ia menjelma sebagai ‘Ninja Cyber’ yang konon bisa membobol komputer Pentagon hanya dengan remote televisi, sebuah rumor yang melebihi cerita fiksi apapun.

Mengapa Mitnick, seorang buron dalam kasus pembobolan komputer, bisa menjadi penjahat yang paling dicari? Ini tak lepas dari peran media massa. Secara khusus adalah serangkaian artikel sensasional dari John Markoff yang dimuat di New York Times.

Markoff mengutuk Mitnick bagaikan seorang teroris. Dalam sebuah pernyataan setelah lama dibebaskan, Mitnick menyebut citra dirinya yang ditampilkan Markoff bagaikan seorang teroris yang berusaha mengendalikan nuklir dunia.

“Saya seakan-akan seorang Osama bin Mitnic,” ujarnya bercanda.

Markoff menggambarkan Mitnick sebagai seorang yang mematikan, tak bisa dihentikan dan layak menjadi buronan sepuluh besar FBI maupun penegak hukum lainnya. Artikel Mafkoff, yang kadang muncul di halaman depan, menjadikan Mitnick kandidat terkuat proyek percontohan atas kejahatan cyber. Maka masa depan Mitnick dalam penjara boleh dibilang sudah dituliskan saat itu juga.

Selama menjadi buron Mitnick tetap menjalankan aksinya. Ia membobol berbagai komputer perusahaan besar. Termasuk Sun Microsystem. Ia membobol rekening seorang pada layanan penyimpanan online untuk menyimpan backup dari hasil aksinya. Sebenarnya Mitnick tidak bekerja sendirian namun saat tertangkap ia tak pernah mengungkapkan siapa saja rekannya.

Salah satu korban Mitnick adalah T. Shimomura, seorang ahli komputer yang dalam beberapa tulisan di internet diragukan kebersihannya. Ada dugaan bahwa Shimomura juga seorang hacker yang kerap melakukan perbuatan ilegal. Satu hal yang banyak disetujui adalah Shimomura memiliki sikap yang arogan dan nampaknya ingin muncul sebagai pahlawan dalam kisah perburuan Mintick.

Shimomura, Markoff dan FBI bahu membahu untuk menangkap sang buronan. Panduan dari berita sensasionalnya Mafkoff, kemampuannya hacking Shimomura dan kekuatan hukum FBI pada akhirnya melacak kediaman Mitnick.

Seperti biasanya kisah tertangkapnya seoarang buron, Mitnick melakukan keteledoran. Layanan penyimpanan yang ia gunakan rupanya memiliki program otomatis untuk mencek isi file yang disimpan. Pemilik rekening yang digunakan Mitnick mendapatkan peringatan dari sistem mengenai kapasitas berlebih. Ini adalah awal tertangkapnya Mitnick.

Mitnick mengakui bahwa dirinya ceroboh karena tidak menduga bahwa FBI, Shimomura, Markoff, dan penyedia layanan telepon selular melakukan kerja sama yang begitu erat dan terpadu.

“Operator seluler melakukan pencarian dalam database penagihan mereka terhadap dial-up ke layanan Internet Netcom POP. Ini, seperti bisa diduga, membuat mereka bisa mengidentifikasi area panggilan dan nomor MIN (mobile identification number) yang saya gunakan saat itu. Karena saya kerap berganti nomor, mereka mengawasi panggilan data apapun yang terjadi di lokasi tersebut. Lalu, dengan alat Cellscope 2000 Shimomura, melacak sinyal telepon saya hingga ke lokasi yang tepat,” Mitnick menuturkan.

Dua minggu sebelum tertangkapnya Mitnick baru pindah ke Raleigh. Lokasi baru membuat kurang waspada dan ia lupa melacak jalur dial-up yang digunakannya. Beberapa jam sebelum tertangkapnya Mitnick, pelacakan dan pengawasan sedang dilakukan terhadap jalur yang ia gunakan.

Saat ia berusaha melacak sejauh mana pengawasan telah dilakukan hingga siapa dibalik pelacakan tersebut, ia mendengar ketukan pintu. Mitnick membuka pintu dan berhadapan dengan lusinan U.S Marshall dan FBI.

Penangkapan Kevint Mitnik

Sebuah ketukan terdengar dari pintu apartemennya, Kevin Mitnick membuka pintu dan mendapati lusinan agen FBI dan penegak hukum lain sudah bersiap untuk menangkapnya.

Ini adalah akhir perjalanan seorang hacker yang terpaksa buron demi menghindari hukuman penjara. Hacker yang selama masa buronannya itu telah mendapatkan status legendaris, bahkan telah tumbuh menjadi sebuah mitos yang lebih besar dari dirinya sendiri.

Penangkapan yang terjadi pada 1995 itu menandai awal dari kasus penahanan yang paling kontroversial terhadap seorang pelaku kejahatan cyber. Mitnick adalah seorang penyusup pada sistem komputer dan menjelma sebagai America’s Most Wanted Hacker.

Empat Setengah Tahun Digantung

kevin mitnick – I’m Not a Hacker ?

Setelah tertangkap Mitnick ditahan tanpa kemungkinan jaminan. Ia juga tak diajukan untuk pengadilan. Kurang lebih empat tahun ia habiskan tanpa kepastian. Hal ini benar-benar membuat Mitnick frustasi.

Selama dalam penjara FBI ia tak mendapatkan kesempatan mengetahui kasusnya. Bahkan, Mitnick dan pengacaranya tak bisa melihat data kasus tersebut karena terdapat di laptop dan akses laptop bagi Mitnick dianggap membahayakan. Mitnick dituding bisa membuat misil meluncur hanya berbekal laptop atau telepon. Larangan itu tetap berlaku meskipun pengacaranya menggunakan laptop tanpa modem dan kemampuan jaringan apapun.

Mitnick pada akhirnya dituding menyebabkan kerugian hingga ratusan juta dollar. Mitnick menyangkalnya. Karena menurutnya perusahaan yang dirugikan bahkan tidak melaporkan kerugian tersebut dalam laporan tahunan mereka.

Kesepakatan akhir bagi Mitnick adalah pengakuan bersalah. Bersalah dalam kasus pembobolan komputer dan penyadapan jalur telepon. Mitnick menyerah dan mengikuti itu, dengan imbalan 4 tahun tahun lebih waktunya dalam penjara diperhitungkan sebagai masa tahanan. Total Mitnick dihukum adalah 5 tahun dipenjara , 4 tahun dalam tahanan yang terkatung-katung dan 1 tahun lagi sisanya.

Ia dibebaskan pada tahun 2000 dengan syarat tak boleh menyentuh komputer atau telepon. Pada tahun 2002 baru ia boleh menggunakan komputer tapi tidak yang tersambung ke Internet. Baru tahun 2003 ia menggunakan Internet lagi untuk pertama kalinya.

Sejak dibebaskan Mitnic berusaha untuk memperbaiki hidupnya. Ia menuliskan dua buku mengenai hacking, selain itu ia juga mendirikan perusahaan konsultan keamanan sendiri.

“Hacker adalah satu-satunya kejahatan yang keahliannya bisa digunakan lagi untuk sesuatu yang etis. Saya tidak pernah melihat itu dibidang lain, misal perampokan etis,” ungkap Mitnick.

Hacker Kevin Mitnick Menyadap BlackBerry Presiden AS Barack Husein Obama

BlackBerry Obama

Kevin Mitnick mengumumkan telah menyadap BlackBerry Presiden AS, Barack Husein Obama. Meskipun sudah didesain khusus dengan super enskripsi, dia menyebut dapat melakukan penyadapan. “BlackBerry Presiden Obama bisa ditembus,” tegasnya, Sabtu pagi.

Meskipun sudah diperingatkan penasihatnya, Obama ‘ngotot’ mempertahankan PDA-nya itu. Dalam beberapa kesempatan Obama terlihat menenteng gadget-nya itu. Banyak laporan yang menyebutkan, alat komunikasi Obama itu sudah dilengkapi software super enskripsi yang didesain secara khusus.

“Enskripsi itu justru membuat usaha penjebolan lebih menantang dan pasti bisa ditembus,” kata Mitnick. Mitnick pernah diganjar lima tahun penjara, setelah mengaku salah melakukan hacking. Perusahaan yang dihacking adalah penyedia layanan telekomunikasi dan komputer terbesar di AS pada masa 1990-an.

Masa kelam itu telah lewat, dan Mitnick kini mengelola perusahaan keamanan cyber bernama Security Consulting. “Jika aku penyerang, aku akan mulai dari lingkaran teman dekat Obama, keluarga serta koleganya dan coba memanfaatkan komputer mereka,” kata Mitnick.

“Yang perlu diserang adalah email Obama yang ada di BlackBerrynya,” katanya. Menurut Mitnick orang yang dikenal Obama akan menjadi korban yang mudah diserang. Terutama perangkat komputer atau gadget yang ada di rumah, lebih mudah ditembus daripada yang digunakan di markas.

Jika alamat email Obama sudah diketahui, hacker secara teori dapat mengirim email dan dengan segala tipu daya agar Obama terjebak. Cara yang bisa dilakukan misalnya dengan memancing agar Obama mengunjungi situs tertentu yang sudah direkayasa dan terdapat kode penyerang.

Sekretaris media Gedung Putih Robert Gibbs kepada wartawan, bulan lalu mengatakan, hanya kelompok kecil kolega dan pembantu senior yang bisa bertukar informasi dengan Presiden Obama.

Chris Soghoian dari Berkman Center for Internet and Society, Universitas Harvard mengatakan, informasi yang dikirim melalui komputer lingkaran dalam Obama akan membuat presiden keturunan kulit hitam itu tidak curiga.

“Serangan langsung terjadi saat mengunjungi situs penjahat dan hanya dalam hitungan detik komputer memaksa akan men-download virus,” papar Soghoian. Soghoian mengatakan penjahat yang mengejar BlackBerry Obama bukan mencari keuntungan ekonomi. Tapi lebih pada pemerintah asing yang ingin menyadap informasi rahasia.

“Orang yang hanya ingin popular dengan menerobos BlackBerry Obama kemampuannya tidak akan cukup. Ancaman paling nyata adalah dari beberapa orang dari warnet di Rusia atau sebuah tim 60 orang yang bekerja untuk pemerintah China. Ancaman itu datang dari tim yang disponsori oleh suatu pemerintahan,” kata Soghoian.

Hacker menerobos BlacBerry Obama adalaah ancaman yang mungkin saja terjadi, kata Bill Brenner, senior editor “CSO Magazine” yang membahas masalah keamanan.

“Tidak ada keraguan ada hacker di luar sana yang akan menerobos ke BlackBerry Obama. Dalam beberapa kesempatan sudah tak terhitung orang mencoba melakukan hacking ke BlackBerry milik politisi, ponsel artis Paris Hilton serta jaringan komputer Departemen Pertahanan,” jelasnya.

Sejauh ini pejabat di pemerintahan Obama menutup mulut mengenai detail BlackBerry yang digunakan. Juga masih belum pasti apakah Obama menggunakan BlackBerry atau Sectera Edge, smartphone super aman yang disediakan oleh Lembaga Keamanan Nasional AS atau NSA.

Barack Hussain Obama

“Tidak ada yang tahu perangkat apa yang benar-benar digunakan oleh presiden. Memang ada beberapa informasi, tapi makin sedikit informasi maka semakin baik,” kata Randy Sabett dari Sonnenschein Nath & Rosenthal LLP mantan pegawai di NSA.

Research In Motion, perusahaan Kanada yang memproduksi handset serta jaringan yang mengantarkan e-mail BlackBerry melalui servernya sendiri tidak pernah menanggapi pertanyaan seputar BlackBerry yang digunakan Obama.

Pejabat di pemerintahan Obama tampaknya mempertimbangkan potensi risiko yang mungkin terjadi. Mitnick setuju komandan keamanan mungkin menjaga sistem komunikasi yang digunakan tetap rahasia, tapi belum cukup.

“Pertanyaannya sejauh mana intelejen bisa ikut campur? Mungkin ada aturan hanya yang bukan rahasia saja yang boleh dibicarakan. Jika mendiskusikan masalah rahasia, aku jamin mereka perlu enskripsi menggunakan metode algoritma tingkat lanjut,” jelas Mitnick.

Tapi Mitnick mewanti-wanti para hacker untuk mempertimbangkan konsekuensi yang bisa didapat jika melakukan itu. “Pemerintah akan mengejar dengan kekuatan yang dipunyai,” imbuhnya.

Tapi hukuman tidak akan mencegah 100% orang berbuat kejahatan. “Tidak ada yang 100% di bidang keamanan dan orang yang mengatakan sebaliknya pasti berbohong. Dan jika jadi seorang presiden, akan selalu ada ancaman dari seseorang yang coba menerobos,” tandasnya.

Setelah mendapati account wireless provider AT&T dan informasi personalnya yang diposting ke website provider tersebut, hacker ternama Kevin Mitnick mengatakan hawa provider layanan seluler tersebut seharusnya membayar kompensasi atas masalah tersebut. Namun, pihak AT&T malah berencana untuk membatalkan kontrak Mitnick dan tidak membayar kerusakan atas pelanggaran tersebut, walaupun layanannya masih befungsi hingga Kamis (20/08) lalu.

Ketika Mitnik Sang Legenda Hacker kena Hack

“AT&T ingin saya keluar dari jaringan mereka karena mereka sebenarnya tidak dapat mengamankan account saya, dan setelah saya menjadi pelanggan yang loyal untuk beberapa decade, malah mendapat perlakuan seperti ini. Tampaknya lebih efektif dengan membuang saya ketimbang mengamankan informasi pelanggan mereka. Saya ingin me-review kontrak saya untuk melihat batasan apa saja yang ada di agreement layanan AT&T. Saya mungkin bisa mengajukan tuntutan untuk adanya invasi privacy atas kerusakan account saya dan untuk memproteksi informasi rahasia milik saya.” ungkap Mitnick.

Ironisnya, Mitnick berspekulasi bahwa siapapun yang bertanggungjawab telah menyusup ke account-nya pastI menggunakan teknik social engineering miliknya, yang pernah dibukukan dalam The Art of Deception miliknya. “Oknum tersebut mungkin membaca buku saya dan memutuskan untuk mencuri informasi saya menggunakan teknik social engineering saya karena caranya sangat mudah. Saya sudah bilang ke AT&T, namun mereka mengabaikannya. Kemungkinan lainnya dapat berimbas kepada pelanggan AT&T lainnya” jawab Mitnick.

Mitnick melancarkan komplainnya sejak Juni lalu, dan menemukan seseorang telah memposting nomor ponsel, alamat rumah, PIN, alamat email, IM, dan 4 digit terakhir dari nomor Social Security di web AT&T di bulan Maret. Ketika ia gagal mendapatkan respon dari AT&T atas komplainnya, kemudian ia memanggil pengacara untuk membayar sejumlah kerusakan atas reputasi dan hak ciptanya. Namun, menurut juru bicara AT&T, pihaknya telah menginvestigasi klaim Mitnick, dan memutuskan untuk menolak permintaan ganti rugi uang untuk Mitnick, namun membiarkan ia keluar dari kontrak, dan memilih carrier lain yang lebih nyaman baginya.

3.Niklaus Wirth

Niklaus Wirth

Niklaus Wirth adalah tokoh IT idola saya dibidang bahasa pemrograman dan rekayasa perangkat lunak. Beliau adalah ilmuwan komputer berasal dari Swiss. Niklaus Wirth  sangat terkenal sebagai perncang bahasa pemrograman,terutama bahasa Pascal. Beliau juga terkenal sebagai perintis beberapa topik klasik dibidang rekayasa perangkat lunak. Pada tahun 1984 Wirth memenangkan Turing Award untuk pengembangan bahasa komputer inovatif.

Biografi Niklaus Wirth

Beliau terlahir dengan nama lengkap Niklaus Emil Wirth di Winterthur, Swiss, pada tanggal 1 Februari 1934.  Pada tahun 1959 Wirth memperoleh gelar di bidang Teknik Elektronika dari Swiss Federal Institute of Technology Zürich (ETH Zurich). Selanjutnya, Pada tahun 1960 beliau menerima gelar M.Sc. dari Université Laval, Kanada. Dan akhirnya pada 1963 ia dianugerahi Ph.D.in EECS dari University of California, Berkeley, dengan supervisi pionir perancang komputer Harry Huskey.

Karir Niklaus Wirth

Niklaus Wirth, 1969 – Image: Courtesy of Robert M. McClure

Mulai tahun 1963 hingga tahun 1967 beliau menjabat sebagai asisten profesor Ilmu Komputer di Stanford University dan  University of Zurich. Kemudian pada 1968 Wirth menjadi Profesor Informatika di ETH Zurich, mengambdi dua tahun di Xerox PARC di California (1976 – 1977 dan 1984 – 1985). Wirth pensiun tahun 1999.

Bahasa Pemrograman yang dikembangkan Niklaus Wirth

Wirth menjadi kepala desainer bahasa pemrograman Algol W, Pascal, Modula, Modula-2, dan Oberon. Beliau juga adalah bagian utama atas tim desain dan implementasi untuk sistem operasi Lilith dan Oberon, dan untuk sistem simulasi dan desain hardware digital Lola. Beliau menerima Association for Computing Machinery (ACM) Turing Award atas pengembangan bahasa-bahasa ini.

Publikasi Niklaus Wirth

Artikelnya Program Development by Stepwise Refinement dianggap menjadi teks klasik dalam rekayasa perangkat lunak. Beliau menulis Algoritma + Struktur Data = Program, yang mendapatkan pengakuan secara luas dan masih berguna sampai hari ini.

Kutipan Niklaus Wirth

Niklaus Wirth – Pensiun

“Orang Eropa cenderung mengeja namaku dengan benar, seperti Nih-klaus Virt, sementara orang Amerika biasanya memecahnya menjadi seperti Nickles Worth. Itu yang menyebabkan gurauan bahwa orang Eropa memanggilku dengan nama, sementara orang Amerika memanggilku dengan nilai.

In our profession, precision and perfection are not a dispensable luxury, but a simple necessity.”

Reliable and transparent programs are usually not in the interest of the designer.

4.Al Khawarizmi Bapak Aljabar dan Algoritma

Al khuwarizmi Bapak Algoritma & Bapak Aljabar

Biografi Al Khawarizmi

Al Khawarizmi memiliki nama lengkap Muḥammad bin Mūsā Al Khawārizmī (Arab: محمد بن موسى الخوارزمي). Beliau seorang ahli matematika, astronomi, astrologi, dan geografi yang berasal dari Persia. Lahir sekitar tahun 780 di Khwārizm (sekarang Khiva, Uzbekistan) dan wafat sekitar tahun 850. Hampir sepanjang hidupnya, ia bekerja sebagai dosen di Sekolah Kehormatan di Baghdad.

Al Khawarizmi Bapak Algoritma

Istilah algoritma, mungkin bukan sesuatu yang asing bagi kita. Ditinjau dari asal-usul katanya, kata ‘Algoritma’ mempunyai sejarah yang agak aneh. Orang hanya menemukan kata Algorism yang berarti proses menghitung dengan angka Arab. Seseorang dikatakan ‘Algorist’ jika menghitung menggunakan angka Arab. Para ahli bahasa berusaha menemukan asal kata ini namun hasilnya kurang memuaskan. Akhirnya para ahli sejarah matematika menemukan asal kata tersebut yang berasal dari nama seorang matematikawa muslim. Dialah Al Khuwarizmi dibaca orang barat menjadi Algorism. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, algoritma berarti prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dalam langkah-langkah terbatas.

Al Khawarizmi Bapak Aljabar

Sebuah halaman dari Kitab Aljabar Al Khwarizmi

Karya Aljabarnya yang paling monumental berjudul Al Mukhtasar fi Hisab Al Jabr wal Muqabalah (Ringkasan Perhitungan Aljabar dan Perbandingan). Dalam buku itu diuraikan pengertian-pengertian geometris. Ia juga menyumbangkan teorema segitiga sama kaki yang tepat, perhitungan tinggi serta luas segitiga, dan luas jajaran genjang serta lingkaran. Dengan demikian, dalam beberapa hal al-Khawarizmi telah membuat aljabar menjadi ilmu eksak.

Buku itu diterjemahkan di London pada 1831 oleh F. Rosen, seorang matematikawan Inggris. Kemudian diedit ke dalam bahasa Arab oleh Ali Mustafa Musyarrafa dan Muhammad Mursi Ahmad, ahli matematika Mesir, pada 1939. Sebagian dari karya al-Khawarizmi itu pada abad ke-12 juga diterjemahkan oleh Robert, matematikawan dari Chester, Inggris, dengan judul Liber Algebras et Al-mucabola (Buku Aljabar dan Perbandingan), yang kemudian diedit oleh L.C. Karpinski, seorang matematikawan dari New York, Amerika Serikat. Gerard dari Cremona (1114–1187) seorang matematikawan Italia, membuat versi kedua dari buku Liber Algebras dengan judul De Jebra et Almucabola (Aljabar dan Perbandingan). Buku versi Gerard ini lebih baik dan bahkan mengungguli buku F. Rozen.

Dalam bukunya, matematikawan muslim ini  memperkenalkan kepada dunia ilmu pengetahuan angka 0 (nol) yang dalam bahasa Arab disebut sifr. Sebelum Al Khawarizmi memperkenalkan angka nol, para ilmuwan mempergunakan abakus, semacam daftar yang menunjukkan satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dan seterusnya, untuk menjaga agar setiap angka tidak saling tertukar dari tempat yang telah ditentukan dalam hitungan.

Akan tetapi, hitungan seperti itu tidak mendapat sambutan dari kalangan ilmuwan Barat ketika itu, dan mereka lebih tertarik untuk mempergunakan raqam al-binji (daftar angka Arab, termasuk angka nol), hasil penemuan Al Khuwarizmi. Dengan demikian, angka nol baru dikenal dan dipergunakan orang Barat sekitar 250 tahun setelah ditemukan al-Khawarizmi. Dari beberapa bukunya, al-Khawarizmi mewariskan beberapa istilah matematika yang masih banyak dipergunakan hingga kini. Seperti sinus, kosinus, tangen dan kotangen.

Karya-karya  matematikawan muslim ini  sebenarnya banyak mengacu pada tulisan mengenai aljabar yang disusun oleh Diophantus (250 SM) dari Yunani. Namun, dalam meneliti buku-buku aljabar tersebut, al-Khawarizmi menemukan beberapa kesalahan dan permasalahan yang masih kabur. Kesalahan dan permasalahan itu diperbaiki, dijelaskan, dan dikembangkan oleh al-Khawarizmi dalam karya-karya aljabarnya. Oleh sebab itu, tidaklah mengherankan apabila ia dijuluki ”Bapak Aljabar.”

Bahkan, menurut Gandz, matematikawan Barat dalam bukunya The Source of Al Khawarizmi’s Algebra, Al Khawarizmi lebih berhak mendapat julukan “Bapak Aljabar” dibandingkan dengan Diophantus, karena dialah orang pertama yang mengajarkan aljabar dalam bentuk elementer serta menerapkannya dalam hal-hal yang berkaitan dengannya.

Di bidang ilmu ukur, al-Khawarizmi juga dikenal sebagai peletak rumus ilmu ukur dan penyusun daftar logaritma serta hitungan desimal. Namun, beberapa sarjana matematika Barat, seperti John Napier (1550–1617) dan Simon Stevin (1548–1620), menganggap penemuan itu merupakan hasil pemikiran mereka.

Di dunia Barat, Ilmu Matematika lebih banyak dipengaruhi oleh karya Al Khawarizmi dibanding karya para penulis pada Abad Pertengahan. Masyarakat modern saat ini berutang budi kepada Al Khawarizmi dalam hal penggunaan bilangan Arab. Notasi penempatan bilangan dengan basis 10, penggunaan bilangan irasional dan diperkenalkannya konsep Aljabar modern, membuatnya layak menjadi figur penting dalam bidang Matematika dan revolusi perhitungan di Abad Pertengahan di daratan Eropa. Dengan penyatuan Matematika Yunani, Hindu dan mungkin Babilonia, teks Aljabar merupakan salah satu karya Islam  di dunia Internasional

Karya Al Khawarizmi di Bidang Astronomi dan Geografi

Patung Al Khawrismi di depan Fakultas Matematika Universitas Tekhnologi Amrikabir, Teheran, Iran

Di bawah Khalifah Ma’mun, sebuah tim astronom yang dipimpinnya berhasil menentukan ukuran dan bentuk bundaran bumi. Penelitian itu dilakukan di Sanjar dan Palmyra. Hasilnya hanya selisih 2,877 kaki dari ukuran garis tengah bumi yang sebenarnya. Sebuah perhitungan luar biasa yang dapat dilakukan pada saat itu. Astronom muslim ini  juga menyusun buku tentang penghitungan waktu berdasarkan bayang-bayang matahari.

Buku geografinya yang mahsyur adalah Kitab Surah Al Ard (Buku Gambaran Bumi). Buku itu memuat daftar koordinat beberapa kota penting dan ciri-ciri geografisnya. Kitab itu secara tidak langsung mengacu pada buku Geography yang disusun oleh Claudius Ptolomaeus (100–178), ilmuwan Yunani. Namun beberapa kesalahan dalam buku tersebut  dikoreksi dan dibetulkan oleh Al Khawarizmi dalam bukunya Zij As Sindhind sebelum ia menyusun Kitab  Surah Al Ard.

Karya Al Khawarizmi di Bidang Seni Musik

Al Khawarizmi juga seorang ahli seni musik. Dalam salah satu buku matematikanya, ia menuliskan pula teori seni musik. Pengaruh buku itu sampai ke Eropa dan dianggap sebagai perkenalan musik Arab ke dunia Latin.

Al Khawarizmi di Akhir Hayatnya

Dengan meninggalkan karya-karya besarnya sebagai ilmuwan terkemuka dan terbesar pada zamannya, Al Khawarizmi meninggal pada 262 H/846 M di Baghdad. Setelah al-Khawarizmi meninggal, keberadaan karyanya beralih kepada komunitas Islam. Yaitu, bagaimana cara menjabarkan bilangan dalam sebuah metode perhitungan, termasuk dalam bilangan pecahan; suatu penghitungan Aljabar yang merupakan warisan untuk menyelesaikan persoalan perhitungan dan rumusan yang lebih akurat dari yang pernah ada sebelumnya.

5.Jerry Yang & David Filo (Yahoo!)

Jerry Yang (CEO Yahoo!)

Tokoh IT yang akan kita ulas biorafinya ini merupakan tokoh yang mengakibatkan revolusi dunia internet. Jerry Yang boleh dibiliang sebagai salah satu tokoh yang paling berpengaruh dalam perkembangan Internet.

Jerry Yang lahir di Taiwan pada tahun 1968. Ayahnya meninggal ketika ia masih balita.  Ibunya adalah  seorang Profesor Bidang bahasa Inggris, mereka pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1978. Ketika mereka tiba di Amerika, satu-satunya kata bahasa Ingiris yang diketahui oleh Yang dan adiknya adalah “Shoe” (sepatu).  Keluarga ini akhirnya menetap di San Jose.

Pendidikan Jerry Yang

Jerry Yang mendapatkan gelar sarjana dan gelar master di bidang teknik listrik di Stanford dalam empat tahun. Selama kuliah, dia bekerja bekerja paruh-waktu untuk membiayai kuliahnya . Jerry Yang tetap menetap di Stanford meneruskan studinya untuk meraih gelar doktor.  Tetapi karena asyik dengan bisnis Yahoo! nya maka studi doktoralnya tidak pernah selesai.

Jerry Yang  & David Filo mendirikan Yahoo!

Jerry Yang And David Filo

Jerry Yang  Bersama dengan sahabatnya David Filo , pada tahun 1990 adalah mahasiswa program doktor di Stanford University. Mereka lebih menyukai kegiatan surfing di Internet, daripada aktifitas dan penelitian program doktor yang mereka tempuh. Mereka mulai mengumpulkan link situs-situs yang menarik. Tidak membutuhkan waktu lama, mereka telah mengkompilasi bookmark list yang besar. List tersebut kemudian  di buat kategori dan sub kategori yang bersifat hirarki. Kemudian mereka memiliki ide untuk memasukannya di web melalui sebuah program database untuk menanganinya, sehingga dapat diakses secara online. Awalnya, yang mengakses ke direktori Yahoo! hanya Yang, Filo, dan beberapa teman dekat mereka di Stanford University. Namun, dari obrolan mulut ke mulut, orang mengakses ke Yahoo! menjadi semakin banyak. Mengetahui bahwa orang yang mengakses ke Yahoo! menjadi sangat banyak, mereka akhirnya menjadikan Yahoo! sebagai bisnis.

Situs yahoo!

Yahoo.com bermain di area web portal,web search engine,mail dan news. Inilah peristiwa bersejarah yang mengawali lahirlah perusahaan besar bernama Yahoo!. Yahoo merupakan singkatan dari Yet another Hierarchical Officious Oracle. Mereka menggunakan nama yahoo karena terinspirasi dari buku karangan Jonathan Swift yang berjudul Gulliver’s Travel. Beberapa waktu kemudian ada perusahaan saus barbeque yang bernama EBSCO industries yang mengklaim bahwa nama yahoo telah terlebih dahulu dipatenkan sebagai merk dagang mereka. Sehingga,untuk membedakannya, Yang dan Filo menambahkan tanda seru (!) dibelakang yahoo. Jadi itulah mengapa kita menemukan tanda seru tersebut di setiap kata yahoo dalam website mereka.

Bisnis Yahoo!

Yahoo! Office

Pada bulan Maret 1995, Yahoo pun mengadakan kerja sama bisnis dengan para Pemilik lembaga modal Ventura Silicon Valley. Kemudian, mereka pun menjalin kerja sama dengan Sequa Capital, sebuah perusahaan yang mempunyai reputasi dalam bidang investasi termasuk Apple Komputer, Atari, Oracle, dan Cisco Systems. Mereka setuju untuk mendanai Yahoo dengan investasi awal mendekati $2 juta. Karena realisasi perusahaan baru mereka mempunyai pertumbuhan potensial yang cepat, Jerry Yang dan David mulai membangun sebuah tim manajemen. Mereka merekrut seorang veteran Motorola dan alumni jurusan Teknik Stanford bernama Tim Koogle sebagai chief executive officer dan Jeffry Mallet seorang Pendiri Novell’s Divisi konsumen WordPerpectm sebagai chief operating officer. Mereka berhasil menyelamatkan perputaran pendanaan yang kedua pada tahun 1995 dari investor Reuters Ltd. dan Softbank. Yahoo! sangat sukses diluncurkan secara go public pada bulan April 1996 dengan jumlah total karyawan 49 orang. Saat ini, Yahoo! Inc. telah menjadi pemimpin komunikasi global lewat internet, komersil, dan perusahaan media yang telah menjadi brand jasa jaringan lebih dari 232 juta individu setiap bulannya di dunia maya. Situs yahoo ini telah menarik pengunjung 1,5 triliun selama tahun 2007 kemarin,atau 3,4 milyar pengunjung seharinya. Sebagai navigasi pertama secara online yang memandu dalam web, www.yahoo.com adalah pemimpin pemandu konteks lalu lintas, periklanan, keperluan rumah tangga, dan jangkauan pengguna bisnis. Yahoo! adalah brand internet global pertama yang menjangkau pemirsa paling besar dalam dunia maya. Perusahaan membangun pula bisnis online dengan perusahaan jasa yang mendesain produktivitas dan web untuk klien-kliennya. Jasa mendesain termasuk dalam kerjasama. Yahoo!, sebuah kustomisasi solusi untuk perusahaan ; audio dan video streaming ; toko hosting dan manajemen ; dan jasa serta perlengkapan website. Jaringan perusahaan web global termasuk dalam 25 world properties. Dengan kantor pusat di Sunnyvale, California, Yahoo! pun telah mempunyai kantor di Eropa, Asia, Amerika Latin, Australia, Kanada, dan Amerika Serikat.

Kekayaan Jerry Yang

Menurut Fortune.com, kekayaan pria dengan nama asli Yang Chih-Yuan ini pada tahun 2000 sekitar 5,85 miliar dolar AS. Rumah tinggalnya dibeli seharga 1,9 juta dolar AS, terletak di Los Altos, kawasan barat San Jose dengan lima kamar tidur dan pemandangan ke arah Teluk San Fransisco. Meski demikian, ia tak lupa pada almamaternya. Bersama David Filo, ia menyumbang 2 juta dolar AS untuk almamaternya tersebut.

6.Bill Gates (Boss Microsoft)

Jika diurutkan 100 tokoh IT yang paling berpengaruh mungkin William Henry Gates III orang yang menduduiki posisi pertama. Dia lebih dikenal dengan nama Bill Gates lahir pada 28 Oktober 1955, di Seattle, Washington. Bill Gates adalah adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Ayahnya William Henry Gates adalah seorang pengacara perusahaan yang punya banyak relasi di kota. Sedangkan ibunya Mary Maxwell seorang pegawai First Interstate Bank, Pacific Northwest Bell dan anggota Tingkat Nasional United Way.

Bill seorang anak yang cerdas, tetapi dia terlalu penuh semangat dan cenderung sering mengalami kesulitan di sekolah. Ketika dia berumur sebelas tahun, orang tuanya memutuskan untuk membuat perubahan pada dirinya dan mengirimnya ke Lakeside School, sebuah sekolah dasar yang bergengsi khusus bagi anak laki-laki. Di Lakeside itulah pada tahun 1968 Bill Gates untuk pertama kalinya diperkenalkan dengan dunia komputer, dalam bentuk mesin teletype yang dihubungkan dengan telepon ke sebuah komputer pembagian waktu.

Dia dengan cepat menguasai BASIC, sebuah bahasa pemograman komputer, dan bersama dengan para hacker yang belajar sendiri di Lakeside, dia melewatkan waktu ber-jam-jam menulis program, melakukan permainan, dan secara umum mempelajari banyak hal tentang komputer. “Dia adalah seorang eksentrik,” sebagaimana salah seorang guru memberikan Gates julukan itu. Bill Gates menempuh kuliah di Harvard University di Cambridge mulai tahun 1975. Di sana ia bertemu dengan Paul Allen sewaktu sekolah bersama-sama. Bersama Paul Allen, Bill Gates terus mengembangkan talentanya di bidang pemograman komputer. Namun, Bill gates memutuskan keluar (drop out) untuk menyumbangkan wakunya ke Microsoft.

Latar Belakang Pekerjaan

Melalui usaha kerasnya, perusahaan yang ia dirikan yang bernama Microsoft Corporation menjadi sukses dan Bill Gates melambung menjadi seorang jutawan. Di tahun 1990 Bill Gates sukses merilis sistem operasi yang sangat sukses di pasaran dunia. Namun, Bill Gates juga mendapat reputasi yang tidak baik dalam karirnya. Tidak hanya satu kali, bahkan Bill Gates melakukan beberapa kali kesalahan dalam bisnis perangkat lunaknya. Di tahun 1990 Bill Gates mendapat tuntutan dari Departemen Keadilan Amerika Serikat dengan dakwaan Gates telah melakukan monopoli terhadap perusahaan-perusahaan kecil. Dan sekali lagi Bill Gates tersandung oleh hukum undang-undang bisnis Amerika Serikat pada tahun 1999. Pada tahun 2000, Bill gates mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua Pegawai Eksekutif dan ia memilih kembali ke profesi lamanya yang ia cintai yaitu Kepala Penelitian dan Pengembangan Perangkat Lunak di perusahaanya sendiri, Microsoft Corp. Dan pada awal tahun 2008, Bill Gates memutuskan untuk mengundurkan diri dari manajemen Microsoft dan mengkonsentrasikan diri pada kerja kedermawanan melalui yayasan sosial yang didirikannya, yaitu Bill & Melinda Gates Foundation.

Kehidupan Pribadi Bill Gates

Jennifer Katharine Gates

Dalam kehidupan peribadinya, Gates menikah dengan Melinda French pada 1 Januari 1994. Mereka mempunyai tiga orang anak, Jennifer Katherine Gates (1996), Rory John Gates (1999) dan Phoebe Adele gates (2002). Dengan istrinya, Bill Gates telah mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation, yang merupakan sebuah Yayasan Sosial yang memperhatikan pederita AIDS, beasiswa bagi universitas-universitas dan kepedulian pada dunia ketiga. Para kritikus mengatakan ini merupakan pembuktian terhadap kemarahan banyak orang tentang praktik monopoli, adikuasa perusahaannya dan beberapa kejahatan yang telah ia lakukan, tetapi beberapa orang yang dekat dengan Bill Gates berkata bahwa ia memang telah lama berencana untuk menyumbangkan sebagian besar hartanya. Di tahun 1999 koran Washington Post memberitakan bahwa “Gates telah menyatakan bahwa dia memutuskan untuk menyumbangkan $5 milyar kepada organisasi mereka. Hal itu tentu tidak mengherankan karena menurut survei Majalah Forbes, Bill Gates selalu menjadi orang terkaya di dunia berturut-turut selama tahun 1996 – 2004 dengan jumlah $ 90 Milyar. Dengan perjuangan dan tekad yang keras kini Bill Gates telah menggapai cita-citanya. Untuk mencapai kesuksesan memang diperlukan pengorbanan dan perjuangan yang berat, namun usaha keras dan sikap pantang menyerah Bill Gates telah membuahkan hasil yang dapat ia nikmati saat ini.

Sekaya Apakah Bill Gates?

Sumber: Kapanlagi dot Com

1. Bill Gates menghasilkan US$250 setiap detiknya, itu sekitar US$20 juta sehari dan US$7,8 milyar setahun!

2. Jika dia menjatuhkan US$1.000, dia bahkan tidak perlu repot-repot lagi untuk mengambilnya kembali karena sama dengan waktu 4 detik untuk mengambil, dia sudah memperoleh penghasilan dalam jumlah yang sama.

3. Utang nasional Amerika sekitar US$5,62 trilyun, jika Bill Gates akan membayar sendiri utang itu, dia akan melunasinya dalam waktu kurang dari 10 tahun.

Ruan Tamu Bill Gates

4. Dia dapat menyumbangkan US$15 kepada semua orang di dunia tapi tetap dapat menyisakan US$5 juta sebagai uang sakunya.

5. Michael Jordan adalah atlit yang dibayar paling mahal di Amerika. Jika dia tidak makan dan minum dan tetap membiarkan penghasilannya utuh dalam setahun sejumlah US$30 juta, dia tetap harus menunggu sampai 277 tahun agar bisa sekaya Bill Gates sekarang.

6. Jika Bill Gates adalah sebuah negara, dia akan menjadi negara terkaya sedunia nomor ke 37 atau jadi perusahaan Amerika terbesar nomor 13, bahkan melebihi IBM.

Rumah Bill GAtes

7. Jika semua uang Bill Gates ditukarkan ke dalam pecahan US$1, kita dapat menyusunnya menjadi jalan dari bumi ke bulan, 14 kali bolak balik. Tapi jalan itu harus dibuat non stop selama 1.400 tahun dan menggunakan total 713 buah pesawat Boeing 747 untuk mengangkut semua uang itu.

8. Bill Gates sekarang berumur 40 tahun. Jika kita mengasumsikan dia dapat hidup 35 tahun lagi maka dia harus membelanjakan US$6,78 juta per hari untuk menghabiskan semua uangnya sebelum dia pergi ke surga.

9. Tapi! Jika pemakai Microsoft Windows dapat mengklaim US$1 untuk setiap kali komputernya hang karena Microsoft Windows, Bill Gates akan segera bangkrut dalam waktu 3 tahun

10 Karya Terbaik buruk Bill Gates

Sebagai penghargaan terhadap dedikasinya terhadap industri komputer, berikut kami hadirkan 10 karya terbaik, sekaligus 10 blunder terbesar Bill Gates sepanjang karirnya dengan Microsoft selama hampir 40 tahun.

Internet Explorer (IE) (1995)

Tidak sulit bagi masyarakat untuk mengingat “Internet Explorer” sebagai stAndar yang sekaligus membentuk imej Gates sebagai raja perusahaan teknologi. IE juga merupakan aplikasi yang memimpin pembuatan aplikasi berbasis Ajax melalui spesifikasi XMLHttpRequest dan mempopulerkan CSS, walaupun instalasi CSS di IE cenderung kalah dari kebanyakan browser modern lainnya hari ini.

Media Center (2002)

DVR milik Tivo mendominasi dan kompetitor yang terus datang – dan pergi lagi selama bertahun-tahun, Media Center selalu menjadi produk berkualitas tinggi yang kurang dihargai. Bahkan Bill sekalipun mengakui bahwa perusahaan terus berjuang untuk mempermudah pemakaian produknya, akan tetapi Windows Media Center benar-benar membuktikan bahwa Microsoft masih mampu membuat produk canggih yang mudah pakai.

MS-DOS (1981 – 2000)

Yang satu ini adalah legenda dan tidak dapat dipakai oleh manusia biasa – namun mendatangkan uang bak air bagi Bill, dan menolong Microsoft membuat konsep lisensi software.

Office (1989 di Mac, 1990 di PC)

Word, Excel dan PowerPoint secara terpisah dapat menjalankan tugasnya dengan baik, namun saat Microsoft mengkombinasikan mereka menjadi satu paket yang dinamakan Office – ia memiliki nilai jual yang telah terbukti dapat meningkatkan produktivitas – dibutuhkan oleh hampir semua perusahaan hingga saat ini.

Peripherals (1982)

Microsoft telah menjadi perusahaan software sejak awal berdiri, tidak mencegah mereka dari membuat perlengkapan berkualitas tinggi. Sebelum Xbox dan Zune, mereka bahkan telah mempopulerkan mouse wheel, force-feedback joysticks, controller, tetikus optik modern dan keyboard ergonomis.

Windows 3.1 (1992) / NT 3.5 (1994)

Butuh beberapa versi sebelum sukses, namun saat akhirnya Windows mengeluarkan versi 3.1. Microsoft akhirnya memiliki produk yang dapat menarik pengguna PC dari command line. Windows NT mungkin tidak dapat memuaskan dahaga semua pengguna, namun setidaknya ia membawa OS ke dunia 32-bit sekaligus membuka jalan bagi desktop komputer yang kita kenal hari ini.

Windows 2000 dan XP (2000)

Saat berpikir tentang Microsoft dan millennium baru, untunglah Windows ME bukan satu-satunya produk yang datang menyusul Y2K, karena Windows 2000 segera datang untuk menyelamatkan dunia. Windows 2000 sangat sukses sehingga Gates memutuskan untuk menggunakan Windows 2000 sebagai pondasi untuk OS desktop selanjutnya, yaitu XP yang di pAndangan banyak orang masih merupakan OS berkualitas tinggi yang terakhir kali dikeluarkan Microsoft.

Windows CE / Mobile (1996)

Dua proyek Windows CE dan Windows Mobile langsung dijalankan berdasarkan perintah Bill. Apa yang semula hanyalah sebuah komponen kecil, kini telah berkembang menjadi mobile OS yang dapat dipakai di hampir semua alat portabel yang ada.

Xbox (2001) dan Xbox 360 (2005)

Pada tahun 1999, Bill percaya dengan bahwa semua multimedia pada akhirnya akan berkumpul di satu tempat dan mengatakan bahwa bahwa game baru / alat multimedia akan menjadi kuda trojan bagi Microsoft untuk memasuki ruang keluarga di seluruh dunia. Pada tahun 2001, Xbox memasuki teritori baru yang sebelumnya didominasi oleh Sony Playstation dan Nintendo N64.

Visual Basic (1991 – 1998)

Visual Basic membawa dampak yang sangat besar bagi dunia komputer. Walaupun pemakai komputer biasa mungkin belum pernah mendengar tentang VB pertama yang dirilis Microsoft 17 tahun yang lalu, kemudahan pakai dan tampilan grafis yang dimiliki VB memungkinkan banyak antusias untuk menjadi pengembang aplikasi yang berakibat ke banyaknya aplikasi pihak ketiga yang dibuat untuk Windows di tahun 1990-an.

10 Karya Terburuk Bill Gates

“Tidak ada gading yang tidak retak”. Peribahasa ini berlaku pula terhadap Bill Gates sepanjang karirnya dengan Microsoft selama hampir 40 tahun. Perjalanan Bill Gates tidak semulus yang dibayangkan. Banyak karyanya gagal menembus pasaran. Seperti contoh Vista yang gagal saat peluncuran yang mengalami banyak sekali masalah dengan kompatibilitas browser, perangkat keras dan banyak lagi. Berikut 10 karya terburuk Bill Gates.

Auto PC (1998 – 2001)

Melanjutkan kesuksesan dari segmen PC portabel, Microsoft membuat Auto PC yang awalnya berjanji untuk merevolusikan hiburan dalam mobil. Namun masalahnya saat Auto PC diluncurkan, mobil-mobil sudah dilengkapi dengan berbagai macam CD-player. Alat navigasi dalam mobil, pengenalan suara dan pemutar MP3 saat itu masih dianggap fiksi ilmiah (terutama mengingat harganya yang masih lebih dari empat digit saat itu).

Microsoft Bob (1995 – 1996)

Sayang sekali, tidak ada yang memberikan Bob kesempatan karena ia sangat mengganggu. Bill saat itu kencan dengan Melinda French, menejer program dari Bob. Namun sayangnya Bob membutuhkan kinerja lebih banyak dari yang dimiliki kebanyakan komputer yang ada saat itu dan pasar yang ada cukup besar. Untungnya, hubungan asmara antara Bill dan Melinda tidak mengalami nasib yang sama.

Cairo (1991, tetapi tidak pernah dirilis)

Tanyakan kepada orang-orang apa yang mendefinisikan peta teknologi Microsoft pada era 90-an dan Anda akan mendapatkan “Cairo” sebagai jawaban. Diumumkan sebelum Windows NT 3.1 dirilis, Cairo terkadang dideskripsikan sebagai sebuah sistem operasi, terkadang sebagai sebuah koleksi beberapa teknologi baru yang dimaksudkan untuk membimbing Microsoft mencapai arsitektur yang lebih baik dari NT. Setelah menghabiskan uang dan waktu pengembangan yang tidak terhitung, akhirnya Cairo dibatalkan.

MSN Music (2004) dan URGE (2006)

Saat MSN Music, usaha Microsoft untuk membuat sebuah toko musik online yang menggunakan sistem subkripsi gagal, Bill yang keras kepala melakukan apa yang biasanya ia lakukan, membuat merk baru dan meluncurkannya kembali. Saat ia muncul pada CES 2006 sebagai URGE yang merupakan proyek kerja sama dengan MTV, banyak orang yang skeptis, dan layanan ini pun kembali gagal.

Origami / UMPC (2006)

Origami menggunakan prosesor VIA C7 berkecepatan 1 gigahertz dengan memori SODIMM DDR2 512 megabita dilengkapi hard drive sebesar 60 gigabita. Ia bisa terkoneksi dengan standar Wi-Fi 802.11 b/g, Bluetooth 2.0, dan konektor USB. Microsoft Origami, UMPC (ultra mobile PC) menuai banyak protes karena meskipun bentuknya ultra kecil tetapi harganya tidak ultra murah dan batereinya ultra boros.

OS/2 (1987 – 2006)

Dimulai sebagai proyek kolaborasi antara Microsoft dengan IBM dan pada awalnya dianggap sebagai penerus kerajaan DOS/Windows. Pada awalnya OS ini menunjukkan potensinya dengan menggunakan file system HPFS, kapabilitas jaringan yang lebih baik dan tampilan yang rumit. Akan tetapi memburuknya hubungan antara kedua perusahaan kemudian membunuh OS/2.

Dengan Windows 3 yang mendadak sukses, IBM yang tidak mau membuat OS yang kompatibel dengan semua perangkat keras, dan Microsoft yang tidak menyukai coding OS/2 yang “berkinerja lambat,” Gates akhirnya memutuskan untuk tidak meneruskan pengembangan OS tersebut.

SPOT watches dan MSN Direct (2004 – 2008)

Saat konsep jam tangan yang secara otomatis dapat menerima konten melalui frekuensi FM diperkenalkan oleh Microsoft, tampaknya hal itu merupakan sebuah ide brilian. Bill bahkan secara pribadi menangani proyek tersebut. Namun saat produk ini diluncurkan, ia sudah dilanda berbagai masalah: penampilan yang luar buruk dan ukuran yang terlalu besar ditambah kampanye iklan yang buruk. Plus, mobile web sudah mulai menghangat, semua orang yang tertarik dengan konsep ini sudah bisa mendapatkan semua informasi yang mereka butuhkan melalui ponsel.

Windows Genuine Advantage (2001)

Tergantung siapa yang Anda tanya, WGA merupakan pelanggaran privasi yang sangat serius, penyebab sakit kepala, hanya perlindungan minimal terhadap pembajakan atau semuanya.

Windows ME (2000)

Tidak ada seorangpun yang cukup mengerti alasan keberadaan Windows Millenium Edition. Tidak seperti Windows 2000 yang berbasis NT, Windows ME tetap mempertahankan MS-DOS sebagai pondasinya, dan bahkan berkinerja lebih lambat dan tidak stabil lagi dibandingkan pendahulunya Windows 95 dan 98.

Windows Vista (2007)

Saya rasa yang ini sudah tidak perlu penjelasan lagi. Membutuhkan waktu pengembangan yang luar biasa, tetapi saat peluncurannya mengalami banyak sekali masalah dengan kompatibilitas browser, perangkat keras dan banyak lagi. Vista juga banyak dianggap oleh banyak perusahaan besar untuk tidak membawa banyak keuntungan selain tampilan dibandingkan Windows XP.

Leave a Reply

*

Packaged by Edublogs - education blogs.
Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer